Inilah 4 Masjid Terbesar Di Asia Tenggara, Megah dan Indah!

Inilah 4 Masjid Terbesar Di Asia Tenggara, Megah dan Indah!

Populasi umat Islam di Asia Tenggara merupakan yang terbanyak di dunia. Tidak heran jika banyak bangunan masjid terbesar di Asia Tenggara yang memiliki desain luas dan arsitektur indah. Bangunan masjid yang besar dapat menjadi salah satu bukti persebaran agama Islam yang sukses.

Serta peradaban umat Islam yang kuat di wilayah Asia Tenggara membuat banyak bangunan masjid megah yang dapat dikunjungi. Di bawah ini adalah 4 masjid terbesar yang tersebar di wilayah Asia Tenggara:

4 Masjid Terbesar Di Asia Tenggara

1. Masjid Istiqlal – Indonesia

4 Masjid Terbesar Di Asia Tenggara
Source: Wikipedia

Masjid yang berlokasi di pusat kota, yaitu Jakarta ini berkapasitas jamaah 200 ribu orang dan menjadi masjid terbesar se-Asia Tenggara nomor satu. Struktur luas wilayah 95 ribu meter persegi membuat bangunan ini juga menjadi bangunan masjid terbesar di dunia posisi keempat.

Masjid Istiqlal menjadi tujuan banyak jamaah umat Islam domestik maupun mancanegara. Selain itu, masjid ini juga menjadi alternatif tempat untuk acara kunjungan tamu negara dari berbagai penjuru dunia. Di dalam masjid ini terdapat jam digital masjid yang multifungsi untuk menunjukkan waktu ibadah.

2. Masjid Agung Cotabato – Filipina

Masjid terbesar di Asia Tenggara posisi kedua dimiliki oleh negara Filipina dengan kapasitas jamaah hingga 60 ribu orang. Selain itu, masjid ini dibangun pada tahun 2011 yang menjadi tempat dan saran untuk para umat Islam di negara tersebut. 

Baca juga: Covid-19: Kerusakan Bencana Dunia

3. Masjid Pusat Kajian Islam Samarinda – Indonesia

Masjid Pusat Kajian Islam (Islamic Center) Samarinda yang memiliki luas bangunan hingga 43.500 meter persegi ini mampu menampung jamaah sekitar 40 ribu orang. Desain arsitektur yang didominasi oleh warna hijau dan kuning emas membuat bangunan masjid ini terlihat megah.

Masjid besar di Asia Tenggara yang berada di Samarinda, Indonesia ini berada di tepi Sungai Mahakam yang menjadi salah satu sungai terpanjang juga. Keberadaan masjid ini juga menjadi sarana sebagai Islamic center atau pusat kajian Islam yang ada di Kalimantan bagian timur.

4. Masjid Tuanku Mizan Zainal A. – Malaysia

Source image: commons.wikimedia.org

Terakhir, ada Masjid Tuanku Mizan Zainal A. yang memiliki kapasitas 24 ribu jamaah dan berlokasi di Putrajaya, Malaysia. Bangunan arsitektur yang futuristik dan megah ini membuat masjid ini memiliki keistimewaannya tersendiri. Tidak heran jika bangunan ini menjadi kebanggaan warga negara Malaysia.

Itulah 4 masjid terbesar di Asia Tenggara yang perlu diketahui. Kemegahan masjid-masjid tersebut tidak terlepas dari kekompakan umat Islam yang tersebar di berbagai pelosok wilayah Asia Tenggara. Selain menjadi tempat ibadah, masjid tersebut juga menjadi tempat untuk melakukan kajian-kajian Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 4 =