Cara Memulihkan Rekaman CCTV yang Terhapus

Cara Memulihkan Rekaman CCTV yang Terhapus

Cara Memulihkan Rekaman CCTV yang Terhapus – Rekaman CCTV yang hilang tanpa alasan tentu menjengkelkan. Apalagi jika rekaman itu penting atau berkaitan dengan sesuatu yang mendesak, kemana mencari rekaman itu?

Lalu apakah mungkin untuk memulihkan rekaman yang hilang? Jawabannya iya. Pada artikel ini, kami akan memberi Anda beberapa informasi tentang mengapa rekaman CCTV dapat dihapus dan cara  memulihkan rekaman CCTV yang terhapus atau hilang.

Mengapa Rekaman CCTV Dihapus?

Ada beberapa alasan mengapa rekaman CCTV bisa dihapus jika kita tidak pernah berniat untuk menghapusnya. Alasan utama dibalik hilangnya rekaman CCTV adalah karena kapasitas penyimpanan yang penuh, yang menyebabkan rekaman lama dipindahkan dari tempat penyimpanan dan bahkan dihapus. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa kapasitas penyimpanan rekaman CCTV dari waktu ke waktu.

Penyimpanan rekaman CCTV umumnya menggunakan SSD, micro SD atau HDD atau hard disk drive. Kapasitas masing-masing tempat penyimpanan ini sangat berbeda, misalnya kapasitas HDD 1TB yang mampu merekam 4 kamera CCTV dalam 14 hari. Perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • 1024 GB/4 = 256 GB. Sebuah kamera CCTV membutuhkan ruang penyimpanan minimal 256 GB sehingga dapat merekam hingga 14 hari.
  • 256G/14 = 18.2GB. Untuk merekam dalam 1 hari atau 24 jam, CCTV membutuhkan penyimpanan hingga 18.2GB.
  • 18.2 GB/24 = 0.76 GB. Untuk merekam dalam 1 jam atau 60 menit, CCTV membutuhkan memori hingga 0,76 GB atau 760MB.

Perhitungan diatas hanyalah perhitungan kasar dan masih ada beberapa aspek yang bisa dijadikan acuan untuk mengukur video CCTV yang akan dihapus.

Misalnya, video yang diambil termasuk dalam kategori apa – MP4, AVI, VLC, MKV, atau H.256 HD. Selain itu, resolusi rekaman CCTV ternyata menjadi salah satu pertimbangan, misalnya apakah video tersebut 720p, 1080p, 4K, 8K dan sebagainya.

Selain ruang penyimpanan yang penuh, kehilangan rekaman CCTV juga dapat disebabkan oleh kerusakan media penyimpanan. Perangkat penyimpanan yang rusak dapat menyebabkan rekaman CCTV hilang tanpa jejak meskipun kita tidak mengutak-atik perangkat tersebut.

Lalu bagaimana cara memulihkan rekaman CCTV yang terhapus? Bisakah itu kembali baik-baik saja?

Cara Memulihkan Rekaman CCTV yang Terhapus

Ada beberapa langkah yang perlu Anda ambil untuk mendapatkan rekaman CCTV yang hilang kembali normal. Langkah-langkah ini meliputi:

  • Pertama, unduh atau unduh media aplikasi PC Inspector File Recovery untuk memulihkan rekaman CCTV yang hilang.
  • Kemudian sambungkan HDD atau harddisk CCTV ke komputer atau laptop Anda.
  • Selanjutnya, jalankan program File PC Inspector di laptop atau komputer Anda. Ada tiga pilihan atau opsi yang tersedia. Ini termasuk Pulihkan File yang Dihapus, Temukan Data yang Hilang, dan Temukan Drive yang Hilang. Dalam hal ini, klik opsi Pulihkan File yang Dihapus.
  • Jika Anda ingin menemukan file yang dihapus dan sebagian besar berada dan disimpan di disk lokal D, pilih disk dan klik opsi OK.
  • Kemudian Anda dapat menunggu beberapa saat sementara sistem memindai. Waktu pemindaian didasarkan pada ukuran file yang disertakan dalam driver komputer.
  • Ketika pemindaian selesai, file yang ingin Anda kembalikan akan muncul di layar. Jika file dalam status “Baik”, dapat dikembalikan ke keadaan semula.
  • Selanjutnya, pilih file atau rekaman yang ingin Anda pulihkan. Jika sudah, klik kanan dan pilih Save As. Jangan lupa arahkan kursor ke tempat yang ingin Anda simpan, oke?
  • Tunggu beberapa saat lagi saat sistem melakukan transfer file. Pemberitahuan akan muncul ketika file atau rekaman yang diinginkan telah dipindahkan.
  • Tarraa! Rekaman CCTV yang hilang tersedia kembali dengan benar dan Anda dapat menggunakannya kapan saja seperti sebelumnya!

Kiat Pro! Jika file yang diinginkan tidak dalam status “Baik” seperti yang dijelaskan di atas, kemungkinan besar tidak ada cara atau aplikasi untuk mengembalikan file ke keadaan semula.

Sekian informasi tentang Cara Memulihkan Rekaman CCTV yang Terhapus di atas bisa membantu anda. Hubungi Distributor cctv murah jakarta melalui situs Mahavision.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Download Lagu MP3 Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 1 =