Tips Franchise Bobatime dan Bagaimana Cara Menjadi Mitra

Tips Franchise Bobatime dan Bagaimana Cara Menjadi Mitra

Franchise Bobatime – Bobatime merupakan salah satu minuman kekinian yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Mengingat popularitas minuman Boba, tentu bukan ide yang buruk untuk menggunakannya sebagai peluang bisnis.

Penggemarnya tidak hanya datang dari kalangan remaja tetapi juga dari anak-anak, dewasa dan orang tua juga banyak yang menyukai Bobatime.

Menu minuman bobatime berhasil merebut hati banyak orang karena minuman ini dijual dengan harga yang relatif murah dan rasanya yang enak.

Ketika kalian bergabung dengan franchise Bobatime kalian akan memiliki outlet sendiri untuk ikut menjual minuman dingin ini.

Selain mengetahui berapa biaya franchise Bobatime, kalian perlu mengetahui tentang bisnis franchise terlebih dahulu.

Apa Itu Franchise?

Franchise Bobatime

Mengetahui apa itu waralaba itu penting, terutama jika kalian ingin mendapatkan penghasilan pasif di samping penghasilan rutin bulanan.

Saat ini, ketika daya beli masyarakat kelas menengah di Indonesia tumbuh pesat, permintaan terhadap perusahaan waralaba pun semakin meningkat.

Waralaba secara umum dapat diartikan sebagai sistem perdagangan yang memungkinkan perdagangan menghasilkan pendapatan bagi pelaku bisnis ini.

Ada dua kunci yang perlu kalian pelajari sebelum menekuni sistem bisnis ini, yaitu franchisor dan franchise.

Dalam bahasa Indonesia, franchisor adalah pemilik waralaba yang membuat atau menyediakan sistem perdagangan. Sedangkan pihak yang membeli sistem bisnis disebut franchisee.

Pada dasarnya, franchisor atau pemberi waralaba menerima biaya lisensi dan biaya berkelanjutan yang dibayarkan oleh penerima waralaba.

Sebagai imbalannya, penerima waralaba menerima penggunaan merek, dukungan berkelanjutan dari pemilik waralaba, dan hak untuk menggunakan sistem waralaba untuk menjalankan bisnis dan menjual produk atau layanan mereka.

Peraturan Franchise Di  Indonesia

Franchise Bobatime

Cukup banyak orang di Indonesia yang mengerti apa itu franchise. Namun, banyak pendatang baru dalam bisnis yang terjebak dalam kerugian karena tidak mempelajari peraturan pemerintah umum yang mengatur bisnis waralaba.

Perlu diketahui bahwa perusahaan waralaba harus menggunakan barang dan atau jasa produksi dalam negeri untuk 80% bahan baku perusahaan, termasuk bahan baku, peralatan, dan barang dagangan.

Selain itu, pemerintah mewajibkan setiap franchisor dan franchisee untuk membuat laporan tahunan tentang perkembangan kegiatan waralaba. Dengan laporan ini, otoritas mengeluarkan sertifikat pendaftaran waralaba resmi.

Kalian harus menyerahkan laporan ini paling lambat tanggal 31 Maret setiap tahun. Jika tidak, kedua belah pihak akan menerima tiga peringatan tertulis dan denda hingga 100 juta rupiah.

Setelah memahami aturan umum waralaba di Indonesia, kini kalian lebih siap untuk memulai bisnis ini.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Tips Agar Franchise Berjalan Lancar

Franchise Bobatime

Jika kalian ingin bisnis franchise kalian lancar dan kalian pasti tidak ingin rugi pada bisnis ini, maka kalian perlu mencoba beberapa tips .

Tips tersebut adalah sebagai berikut:

Bangun sistem perdagangan yang sempurna

Agar franchise dapat berjalan dengan baik, tentunya dibutuhkan sistem trading yang sempurna. Tidak jarang kesalahan dalam sistem bisnis membuat franchisor dan franchisee merugi atau bahkan menutup bisnis ini.

Jadi sebelum mempromosikan atau memasarkan waralaba, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah meninjau dan mencoba sistemnya.

Jika ada yang masih belum berfungsi sempurna, segera lakukan perbaikan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan mereka yang telah berhasil dalam bisnis waralaba.

Buat proposisi bisnis yang masuk akal

Franchise Bobatime

Selain menciptakan sistem perdagangan yang sempurna, kalian juga harus mampu membuat proposal bisnis yang paling realistis.

Pastikan angka yang muncul berdasarkan hasil pencarian tidak dilebih-lebihkan atau dikurangi. Pasalnya, proposal bisnis ini akan merusak kredibilitas dan kepercayaan franchisee dalam jangka panjang. .

Memberikan informasi rinci

Waralaba yang kalian tawarkan akan menarik perhatian pemilik modal dan pewaralaba jika kalian memberikan informasi yang lengkap.

Hal ini karena mereka dapat benar-benar mempelajari sistem bisnis dan modal yang dibutuhkan untuk menjalankan franchise itu sendiri. Kalian juga dapat menambahkan proposal, status hukum, deskripsi produk dan layanan ke sistem kerjasama yang akan dibuat.

Siapkan office offline

Franchise Bobatime

Kantor offline untuk waralaba adalah suatu keharusan mutlak. Berapapun modal awal yang kalian miliki, profesionalisme dan kredibilitas franchise akan sangat dipengaruhi dengan memiliki kantor offline.

Kalian dapat menggunakan rumah pribadi atau ruang kerja bersama sebagai kantor offline untuk waralaba kalian. Hal ini tentunya membuat koordinasi dalam tim menjadi lebih mudah dan efisien.

Lakukan riset pasar

Untuk mengetahui apa itu waralaba, tidak cukup tanpa riset pasar yang ekstensif. Seperti halnya bentuk bisnis lainnya, kalian perlu mengetahui siapa yang akan menjadi target pasar, menentukan strategi pemasaran berdasarkan demografi audiens, dan melihat peluang apa yang ada dengan pesaing lain di bidang yang sama.

Dengan hasil riset pasar yang valid, kalian juga bisa melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala agar franchise terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Promosi

Franchise Bobatime

Hal lain yang perlu Anda lakukan agar waralaba berjalan dengan baik adalah memasarkan sistem perdagangan, baik offline maupun online.

Promosi ini dapat dilakukan secara door to door atau dengan mengunjungi franchisee. Semakin banyak orang tahu tentang waralaba kalian, maka semakin mudah juga untuk mendapatkan kepercayaan pasar.

Baca Juga: 12 Ide Peluang Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya

Detail Tentang Biaya Franchise Bobatime

Ketika kalian memutuskan untuk menjadi mitra Bobatime, hal pertama yang perlu kalian pikirkan adalah biaya dan mempertimbangkannya dengan cermat.

Dengan mengetahui biaya-biaya yang diperlukan, setidaknya kalian bisa bersiap dan siap menghadapi risiko di masa depan.

BobaTime telah menetapkan biaya awal kemitraan untuk jangka waktu 3 tahun sebesar Rp. 125.000.000, dan biaya kemitraan sebesar 5% harus dibayarkan.

Nilai nominal ini tidak mencakup beberapa persyaratan lain, seperti Peralatan, renovasi tempat penjualan, atau keduanya dan paket pra-pembukaan.

Secara keseluruhan, jumlahnya adalah sebagai berikut:

  • Paket pra-pembukaan: Rp.15.000.000
  • Biaya kemitraan: Rp. 125.000.000
  • Renovasi: Rp. 50.000
  • Perlengkapan : Rp. 65.000.000

Jika semua biaya dijumlahkan, franchise Bobatime membutuhkan modal sebesar Rp. 255.000.000. Selain biaya yang cukup, mitra juga harus menyiapkan lokasi penjualan yang sesuai dengan standar pengembangan Bobatime.

Usahakan lokasi di pinggir jalan raya atau di ruang publik (terminal, bandara, pusat perbelanjaan). Ketentuan keberadaan dirancang untuk memaksimalkan lalu lintas dan pada akhirnya menguntungkan semua pihak.

Selain itu, lokasi yang strategis juga harus mudah diakses untuk layanan pesan antar online seperti GoFood dan Grabfood.

Seperti yang kita semua tahu, memesan makanan dan minuman secara online adalah bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat.

Bagaimana Cara Menjadi Mitra BobaTime?

Konfirmasikan lokasi di mana Anda ingin memasang soket. Nanti BobaTime akan memeriksa kelayakannya.Jika lokasi Anda telah berhasil disetujui, Anda harus membayar Rp. 125.000.000 sebagai biaya kemitraan selama 3 tahun.

Kontribusi mitra harus dibayar tunai pada saat yang sama. Setelah membayar biaya kemitraan, kalian harus mengurus pendaftaran paket pra-pembukaan.

Jumlahnya adalah Rp. 15.000.000 dan dapat dibayarkan selambat-lambatnya 14 hari setelah pembayaran kemitraan.

Pengembang Bobatime bertanggung jawab untuk menentukan desain dan merekamnya. Proses membangun dan merenovasi outlet, langkah ini biasanya memakan waktu 3-4 minggu.

Setelah renovasi outlet selesai, kalian akan diminta mengirimkan calon karyawan untuk pelatihan lebih lanjut tentang proses pembuatan produk. Tujuannya agar karyawan bisa menjaga kualitas dan rasa BobaTime

Mitra membeli bahan baku dari pengembang. Proses pembelian ini paling lambat 1 minggu setelah pembukaan outlet

Selain pembelian bahan baku, kedua belah pihak menandatangani perjanjian kerjasama untuk tiga tahun ke depan.

Dan sistem pendaftaran kolaborasi telah selesai dan mitra sekarang dapat mulai membuka gerai BobaTime.

Demikian ulasan theyoungdirector.com mengenai Tips Franchise Bobatime, semoga informasi ini dapat berguna untuk Anda dalam berbisnis. /Aha

Baca Juga: Tips & Ide Bisnis Tahun ini Yang Menguntungkan Patut Dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *